Jenis dan Segmentasi Pasar Bisnis Rental Mobil

Berbagai jenis kendaraan disewakan di berbagai jasa sewa mobil di kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Semarang atau Surabaya. Kendaraan roda empat mulai yang hanya dapat menampung empat orang sampai enam belas orang berjajar di jasa-jasa rental.

Mulai dari mobil LCGC yang sewa perharinya hanya ratusan ribu rupiah, hingga mobil mewah yang harga sewanya jutaan rupiah perhari juga, misalnya seperti Toyota Alphard, Camry, Hiace dan lainnya. Dikarenakan banyak peminatnya, maka tidak heran jika mobil-mobil mewah dengan harga hampir satu milliar juga disewakan. Lalu, kira-kira siapa saja konsumen di Indonesia yang membuat pengusaha rental mobil banyak hadir di dengan bermacam-macam kendaraan tersebut?


Sewa mobil ternyata banyak dimanfaatkan diantaranya oleh mereka di bawah ini: 

1. Keluarga

Latar belakang ekonomi adalah salah satu alasan mengapa jasa rental dipilih, selain juga alasan lain, misalnya mobil yang rusak, tidak dapat menampung keluarga besar, dan lain sebagainya.

2. Pelaku usaha

Jasa usaha rental mobil dipilih supaya seseorang terlihat lebih profesional, selain juga lebih praktis.

3. Anak-anak muda

Biasanya para mahasiswa yang rumahnya jauh dan tidak difasilitasi mobil oleh orang tua mereka, padahal butuh bepergian dengan mobil bersama teman-teman.

4. Pengantin

Uniknya, pengantin adalah salah satu pengguna jasa car rental. Mobil yang biasanya digunakan adalah mobil-mobil mewah seperti sewa Hiace jika keluarga pengiring pengantin cukup banyak, kemudian Toyota Alphard, Camry, hingga mobil-mobil build-up Eropa dan Amerika yang digunakan untuk konvoi saat pesta pernikahan.

Mulai dari kebutuhan ekonomi akibat ketidakmampuan membeli mobil, sampai kebutuhan akan gaya hidup mewah dari masyarakat Jakarta. Jakarta adalah kota metropolitan yang dihuni oleh masyarakat dari berbagai kelas. Berbagai persoalan meliputi kehidupan masyarakat Jakarta, dan jasa rental mobil hadir menawarkan sebuah solusi.

Berbicara mengenai jasa sewa mobil artinya membicarakan masyarakat penghuni kota itu sendiri. Betapa tidak, masyarakat kota besar memiliki latar belakang keuangan, kebutuhan, dan gaya hidup yang beragam. Jasa rental mobil menyediakan mobil-mobil yang beragam pula untuk memenuhi kebutuhan aktivitas para masyarakat Jakarta tersebut.

Sebagai gambaran kasar, penyedia jasa sewa mobil kota besar biasanya menawarkan beberapa jenis kendaraan dengan kisaran harga di bawah ini:

1. City car, cocok untuk aktivitas anak-anak muda bersama teman-teman, harganya cukup ekonomis yaitu sekitar Rp 250.000 per harinya. Armada yang digunakan misalnya seperti rental Honda Brio, Mazda 2, Datsun Go dan lain sebagainya.

2. Sedan, dengan kapasitas penumpanng empat orang dibandrol dengan harga sewa mulai dari Rp 350.000 per hari. Armada yang digunakan misalnya seperti rental Honda City, Camry dan lain sebagainya

3. SUV, cocok untuk keluarga berjiwa muda, disewakan dengan kisaran harga sekitar Rp 350.000. Armada yang digunakan misalnya seperti rental Honda BRV, CRV, Nissan X-Gear dan lain sebagainya

4. MPV, dapat digunakan untuk mengangkut barang dan penumpang dalam jumlah banyak. Biasanya ditawarkan dengan kisaran harga mulai Rp 250.000 per hari. Armada yang digunakan misalnya seperti rental Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan lain sebagainya

5. Luxury car, bagi yang menginginkan kemewahan berkendara dapat dikendarai dengan menyewa sebesar Rp 600.000 per hari. Armada yang digunakan misalnya seperti rental Alphard, Isuzu MUX, Nissan Terra dan lain sebagainya

Banyak sewa mobil yang dibuka oleh perusahaan-perusahaan swasta. Sebelum memutuskan untuk memakai jasa sewa mobil, sebaiknya membanding-bandingkan terlebih dahulu antara jasa sewa yang satu dengan yang lainnya. Pastikan menyewa mobil di jasa sewa yang profesional. Teliti juga mengenai persoalan kualitas mobil, cara dan sistem sewa, dan tentu saja harga sewa.
Share on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

 
Copyright © 2015. BocahSantuy.
Creative Commons License